Pelatihan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Hasil Penelitian, LPM FIP Undiksha Sasar Guru-Guru SD di Kecamatan Sukasada

Tabanan Siap Terima KKN Undiksha Lagi
11 August 2015
Undiksha Pamerkan Produk Jerami dan Sekam Padi
15 October 2016

Buleleng, Dewata News.com Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) FIP Undiksha kembali menggelar kegiatan menyasar guru-guru SD se-Kecamatan Sukasada, bertempat di SD No.1 Desa Sukasada, Kecamatan Sukasada.

Kegiatan kali ini yang diselenggarakan pada hari Sabtu (07/05) pagi, menurut Ketua Panitia, Wayan Romi Sudhita, yakni pelatihan pendampingan penulisan artikel jurnal hasil penelitian bagi guru-guru SD di Kecamatan Sukasada.
Sasarannya, lanjut Romi Sudhita, para guru yang telah melakukan penelitian mampu membuat tulisan artikel jurnal hasil penelitian yang endingnya memenuhi persyaratan kenaikan pangkat.

Sebab, seperti diakui Pembantu Dekan III FIP Undiksha Ignatius Wayan Suwarta, bahwa bagi guru golongan IV wajib hukumnya melakukan penelitian dan penulisan artikel.  ”Bagi seorang guru dengan kepangkatan golongan IV harus mampu melakukan penelitian dan menulis artikel jurnal hasil penelitian,” ungkap Suwarta.

Selaku Dekan FIP, Suwarta sekaligus mewakili Ketua LPM FIP Undiksha membuka kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Hasil Penelitian, dihadiri Kepala UPP (Unit Pelaksana Pendidikan) Kecamatan Sukasada Sutama maupun Kepala SD 1 Sambangan Made Ardana serta Tim Pelaksana LPM FIP Undiksha Singaraja.

Menurut Suwarta, pihak LPM FIP Undiksha tidak saja melaksanakan kegiatan di Kecamatan Sukasada, tapi juga di wilayah kecamatan lainnya untuk lebih banyak kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Menjadi sasaran kegiatan LPM FIP Undksha di Kecamatan Sukasada, menurut Kepala UPP Kecamatan Sukasada, Sutama, karena guru-guru maupun kepala sekolah tingkat SD paling banyak melanjutkan dan sudah tamat S2 untuk meningkatkan karier dibanding kecamatan lainnya di Kabupaten Buleleng.

Bahkan, ada di antara mereka sudah mampu melaksanakan seminar hasil karya mereka. Ia memberi contoh keberadaan 4 orang pengawas di wilayah Kecamatan Sukasada yang semuanya sudah S2.

Sebelumnya, akhir bulan April 2016 sebanyak 70 orang guru SD se-Kecamatan Sukasada, Buleleng, mendapat kesempatan mengikuti pelatihan dan pendampingan dengan sasaran penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbasis multipel talenta atau kecerdasan ganda (multiple intelligences).

Kegiatan yang saat itu dibuka I Made Tegeh. mewakili LPM FIP Undiksha Singaraja itu juga mengambil tempat di SD 1 Sambangan, Kecamatan Sukasada. (DN ~ TiR).