Skip to content

Profil

  1. Sistem penjaminan mutu UNDIKSHA dilakukan baik dalam bidang akademik (pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat) maupun dalam bidang non-akademik (administrasi dan manajemen perguruan tinggi).
  2. Rektor merupakan penanggung jawab penjaminan mutu di tingkat universitas, direktur pascasarjana dan dekan adalah penanggung jawab penjaminan mutu masing-masing di tingkat program pascasarjana dan fakultas, dan ketua jurusan/prodi merupakan penanggung jawab penjaminan mutu di tingkat jurusan/prodi.
  3. Ketua unit jaminan mutu (UJM) merupakan koordinator pelaksana penjaminan mutu di tingkat universitas dengan ruang lingkup kerja mencakup pengkoordinasian penjaminan mutu di UNDIKSHA, baik di bidang akademik maupun nonakademik.
  4. Asisten direktur I pasacasarjana/pembantu dekan I berfungsi sebagai ketua gugus kendali mutu (GKM) di tingkat program pascasarjana/fakultas, dan kepala tata usaha sebagai sekretaris gugus kendali mutu (GKM) di tingkat program pascasarjana/fakultas.
  5. Ketua jurusan/prodi berfungsi sebagai ketua gugus kendali mutu di tingkat jurusan/prodi, ketua laboratorium jurusan/sekretaris prodi berfungsi sebagai sekretaris gugus kendali mutu di tingkat jurusan/prodi.
  6. Tugas ketua gugus kendali mutu adalah:
    1. mengkaji dan merumuskan kebijakan mutu, manual mutu, standar mutu, manual prosedur, borang/formulir;
    2. mengkaji hasil penilaian audit mutu internal (AMI) dan merekomendasikan perbaikan sistem penjaminan mutu;
    3. mendapatkan penjelasan dari individu atau unit kerja di lingkungannya berkaitan dengan pemenuhan sasaran mutu, baik di bidang akademik maupun nonakademik;
    4. menggali informasi dari berbagai sumber tentang berbagai hal yang berkaitan dengan peningkatan pengetahuan dan implementasi manajemen mutu perguruan tinggi;
    5. membuat laporan pencapaian mutu secara berkelanjutan.

Organisasi UJM UNDIKSHA dipimpin oleh seorang ketua dan dibantu oleh seorang sekretaris dan staft administrasi. UJM UNDIKSHA memiliki tiga divisi, yaitu divisi eksplorasi data, pengembangan dokumen, dan monitoring dan evaluasi internal.